Sabtu, 28 Januari 2012

DIKSI



PENGERTIAN DIKSI

Diksi dalam pengertian aslinya merujuk pada pemilihan kata dan gaya ekspresi oleh penulis atau pembicara. Untuk pengertian lain atau pengertian kedua dari Diksi adalah digambarkan dengan Enunsiasi kata seni berbicara yang jelas sehingga setiap kata dapat didengar dan dipahami dengan kompleksibilitasnya dan ekstremitas terjauh.

KONTEKS DIKSI
            Konteks Diksi juga bisa diartikan beberapa bagian pendaftaran kata formal dan informal, analisa diksi secara literal adalah menemukan bagaimana satu atau sebuah kalimat menghasilkan intonasi dan karakterisasi, contohnya penggunaan kata-kata yang berhubungan dengan gerakan fisik yang menggambarkan karakter aktif.

ELEMEN & SUB-SUB DIKSI
Diksi terdiri dari beberapa elemen diantaranya adalah:
1.    Fonem
Sebuah istilah linguistik dan merupakan satuan terkecil dalam sebuah bahasa yang masih bisa menunjukkan perbedaan makna. Fonem berbentuk bunyi.

2.    Silabel
Merupakan sebuah bentuk dari suku kata, dimana merupakan sub fonem yang ditandai oleh satu puncak kenyaringan bunyi fonem yang terletak pada vokal.
Atau satuan ritmis terkecil dalam suatu arus ujaran atau runtutan dari bunyi ujaran. Satu Silabel biasanya meliputi satu vokal dan satu konsonan atau lebih. Silabel mempunyai puncak kenyaringan (Sonoritas) yang utuh pada vokal.

3.    Konjungsi
Lebih dikenal sebagai kata sambung, definisinya adalah kata tugas yang menghubungi dua klausa atau lebih.
Jenis-jenis Konjungsi diantaranya adalah:
-       Konjungsi Antar Klausa yaitu: Konjungsi Koordinatif, Konjungis Subordinatif dan Konjungsi Korelatif.
-       Konjungsi Antar kalimat.

4.    Infleksi
Pengertiannya adalah suatu proses penambahan Morpheme Infleksional kedalam sebuah kata yang mengandung indikasi gramatikal seperti jumlah, orang, gender, tenses, atau aspek, dibandingkan dengan Derivasi menghasilkan kata baru yang diambil dari kata dasar.

5.    Uterans
Merupakan sub elemen dari fungsionalitas Diksi, dan mempengaruhi Diksi berdasarkan kemampuan bahasa dengan kriteria penggunaan dan pemahaman yang jelas dan efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar