Selasa, 24 Mei 2011

Bisnis TI yang paling prospektif

   

   TI merupakan kepanjangan dari Teknologi Informasi yang merupakan bidang yang berhubungan dengan data dan informasi yang berbasis teknologi, dalam perkembangannya Dunia TI menjadi sarana yang memudahkan khalayak ramai dalam mengakses arus informasi secara digital dan mengutamakan efisiensi waktu dan biaya, tentu kita ingat bagaimana perkembangan TI di masa lalu, dimulai dari perkembangan komputer yang berukuran besar seperti Mainframe, berlanjut dengan perkembangan processor dan modifikasi hardware, sampai dengan diperkenalkan sistem operasi berbasis DOS, UNIX dan AS 400, kemudian sistem operasi juga mulai berkembang lagi dengan diperkenalkannya Windows dan Linux, ada juga sistem operasi lain seperti Apple, Macintosh dll.

       TI semakin lama semakin disukai oleh khalayak ramai, dan inilah yang menjadi alasan para pengusaha bisnis berlomba-lomba menjadikan TI sebagai ladang bisnis. Banyak profesi yang muncul dengan adanya ketergantungan manusia terhadap teknologi dan beberapa diantaranya mencoba mencari peruntungan untuk berbisnis di bidang tersebut.
 


Berikut beberapa bisnis TI yg paling prospektif:


1. Games Programming

Games merupakan media hiburan yang bisa di installasi kedalam PC, banyak kawula muda yang tergoda untuk mencoba game konsol terbaru. Inilah yang menjadi peluang bisnis bagi Vendor Games Terkemuka untuk bisa me-release games-games yang digemari masyarakat, mereka menyediakan versi portable, Console dan Software, yang bisa dijalankan baik di Play Station, X-Box, Nintendo atau PC.

Perusahaan yang bergerak di bidang Vendor Games: EA Sports, Namco, Capcom, Zynga, Sony dan Microsoft
.


2. ISP (Internet Service Provider)

ISP menjadi solusi menarik ketika user membutuhkan media akses internet yang cepat,  dilatar-belakangi adanya kebutuhan manusia akan Internet
membuat bisnis ISP menjadi primadona saat ini.

Perusahaan yang menawarkan Jasa ISP antara lain: Telkomnet Instant, Telkom Speedy, IM2, First Media, XL Broadband, MOBI, SmartFren dll.



3. Digital Photo Printing

Maraknya software multimedia untuk aplikasi photo, membuat para enterpreneur mulai mencoba bisnis di bidang printing photo digital, dimana kebutuhan akan dokumentasi multimedia yang meningkat membuat banyak khalayak umum mencoba jasa digital printing, dan banyak perusahaan besar yang sudah terjun kedalam pasar digital photo printing dan meraup keuntungan besar.

Perusahaan yg bergelut di bidang Digital Printing antara lain: Fuji Image Film, Kodak, Konica Film, Snappy
.


4. Free File Hosting

Adanya kebutuhan manusia untuk memiliki media penyimpanan yang reliability dan sifatnya portable, membuat jasa pelayanan aplikasi berbasis web meningkat. Seiring dengan kebutuhan akses upload dan download data untuk saling berbagi file, perusahaan online melalui media sitenya mencoba membuat kemudahan akses data dan berbagi file dengan free file hosting.

Contoh media free file hosting yang terkenal adalah:
www.mediafire.com, www.4shared.com, www.ziddu.com.


5. Online Trading

Perdagangan secara online merupakan solusi yang baik untuk efisiensi user dalam melakukan transaksi, sejak mulai diperkenalkannya E-Commerce membuat banyak situs yang menawarkan jasa transaksi secara aman, mudah dan efisien.

Beberapa perusahaan Online Trading adalah: E-Bay, Toko Bagus, Bhineka.com dan Kaskus
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar